Film Animasi 3D Sejarah Pertama di Indonesia



Semua pasti tahu Pangeran Diponegoro kan? Kelewatan banget kalau sampai nggak tahu pahlawan nasional kita yang satu ini. Tapi sudah tahukah bahwa akan dirilis film animasi 3D berjudul 'Pangeran Diponegoro The Movie' yang bercerita tentang pahlawan tersebut? Yup! Benar sekali! Rencananya para sineas Indonesia akan merilis film berlatar belakang sejarah pertama ini akhir tahun 2010.

Kalau tidak salah, sebelumnya memang sudah pernah dibuat film animasi yang digarap sutradaraNia Dinata dan film karya seniman Yogyakarta. Namun, film ini dinilai sebagai film animasi Indonesia pertama yang mengangkat pahlawan nasional. Beberapa artis papan atas pun ikut menyumbangkan suaranya dalam film tersebut, seperti Primus Yustisio yang mengisi suara Pangeran Diponegoro dan Slamet Rahardjo yang mengisi suara Sultan Hamengkubuwono. Selain itu juga ada  aktris dan aktor senior yaituChristine Hakim dan Rudy Wowor. 

'Pangeran Diponegoro The Movie' diadaptasi dari novel yang ditulis oleh Remy Sylado. Film garapan sutradara Arimus ini, digarap dengan teknologi canggih komputer. Dan tidak hanya menampilkan kehidupan sang pangeran, namun diwarnai juga dengan intrik-intrik tokoh lain.

Sebagai salah satu penggemar film animasi, tentunya saya sangat salut dengan apa yang dilakukan sineas kita ini. Ini menjadi bukti bahwa perfilman Indonesia mengalami peningkatan dalam segi kualitas. Saya harap, kedepannya akan semakin banyak film-film bagus yang diproduksi, sehingga saya bisa semakin sering nonton film hasil karya lokal. Jangan film horor atau komedi jorok saja yang dibanyakin.
animasi bergerak gif